Frequently Asked Questions

 

  1. Hal apa saja yang dapat disampaikan melalui pengaduan ?

    Masyarakat / wajib pajak dapat menyampaikan aspirasi, pengaduan dan informasi yang berkaitan dengan Pajak Daerah (PBB, BPHTB, Pajak Reklame, Pajak Air Tanah, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Hiburan, Pajak Parkir, Pajak Restoran, Pajak Hotel) di Kabupaten Sidoarjo.

     

  2. Apakah masyarakat / wajib pajak dapat memberikan tanggapan setelah mendapatkan jawaban atas aspirasi, pengaduan dan informasi ?

    Tentu bisa. Setelah jawaban kami kirim melalui email, masyarakat / wajib pajak dapat memberi balasan kembali jika tanggapan yang kami berikan belum dimengerti.

     

  3. Dimana saja masyarakat / wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak daerah ?

    Masyarakat / wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak daerah melalui mitra pembayaran kami berdasar jenis pajak :

    • PBB :

      1. Bank Jatim

      2. Bank Mandiri

      3. Kantor Pos / Agen Pos / Pospay

      4. BNI

      5. BTN

      6. OCBC – NISP

      7. Indomaret

      8. Alfamart

      9. Tektaya

      10. LinkAja

      11. Bukalapak

      12. Traveloka

      13. Tokopedia

      14. Fastpay

    • Non PBB (BPHTB, Pajak Reklame, Pajak Air Tanah, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Hiburan, Pajak Parkir, Pajak Restoran, Pajak Hotel)

      1. Bank Jatim

      2. Bank Mandiri

      3. Kantor Pos

     

  4. Bagaimana jika masyarakat / wajib pajak ingin mengetahui tunggakan PBB ?

    Masyarakat / wajib pajak dapat mengakses https://pbb.pajakdaerah.sidoarjokab.go.id/ untuk melakukan pengecekan tunggakan atas objek yang dimiliki menggunakan NOP (Nomor Objek Pajak).

     

  5. Bagaimana jika masyarakat / wajib pajak ingin membayar PBB namun tidak mengetahu NOP atau SPPT yang hilang?

    Kami dapat membantu pengecekan NOP (Nomor Objek Pajak) dengan cara masyarakat / wajib pajak menunjukkan bukti kepemilikan & identitas. Jika SPPT hilang, masyarakat / wajib pajak dapat mengajukan permohonan Salinan SPPT dengan formulir dan persyaratan melalui website https://pajakdaerah.sidoarjokab.go.id/web/salinan-sppt/.

     

  6. Bagaimana jika masyarakat / wajib pajak menginginkan SPPT sesuai dengan hak kepemilikan ?

    Masyarakat / wajib pajak dapat mengajukan permohonan mutasi sesuai dengan surat kepemilikan / sertifikat. Formulir dan persyaratan dapat dilihat melalui website https://pajakdaerah.sidoarjokab.go.id/web/mutasi-penuh/ untuk Mutasi Penuh, atau https://pajakdaerah.sidoarjokab.go.id/web/mutasi-pecah-gabung/ untuk Mutasi Pecah.