Tugas & Fungsi : Badan Pelayanan Pajak Daerah Kab. Sidoarjo

Sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 89 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo dan Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 92 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Pada Dinas Daerah dan Badan Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, maka Tugas Pokok Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo yaitu membantu Bupati dalam melaksanakan sebagian fungsi penunjang urusan pemerintahan di bidang keuangan dalam pelayanan pajak daerah.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan kebijakan teknis pelayanan pajak daerah;
  2. Pelaksanaan tugas bidang pelayanan pajak daerah;
  3. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang pelayanan pajak daerah;
  4. Pembinaan teknis penyelenggaraan bidang pelayanan pajak daerah;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugasnya.

Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Sidoarjo terdiri dari Kepala Badan (satu) Sekretariat dengan 2 (dua) Sub Bagian, 3 (tiga) Bidang dengan 9 (sembilan) Subbid serta UPT Pelayanan Pajak Daerah.

Tugas & Fungsi : Kepala Badan

Mempunyai tugas memimpin, melaksanakan koordinasi dan pengawasan, evaluasi dan penyelenggaraan kegiatan Badan Pelayanan Pajak Daerah.

Rincian fungsi Kepala Badan sebagai mana dimaksud diatas adalah sebagai berikut:

  1. Perencanaan program pelayanan pajak daerah serta kesekretariatan;
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas badan ;
  3. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas badan;
  4. Pembinaan pelaksanaan tugas bawahan ;
  5. Pelaporan pelaksanaan tugas kepada Bupati;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugasnya.

Tugas & Fungsi : Sekretariat

Mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perencanaan, pelaporan, umum, kepegawaian dan keuangan.

Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. Pengoordinasian penyusunan perencanaan dan pelaporan;
  2. Pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;
  3. Pengelolaan administrasi keuangan;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai tugasnya.

Tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pelayanan surat menyurat, kearsipan,perpustakaan, kehumasan dan dokumentasi;
  2. Melaksanakan pengelolaan sarana prasarana;
  3. Menerima dan mengkoordinasikan tindak lanjut pelayanan dan pengaduan masyarakat;
  4. Melaksanakan pembinaan dan administrasi kepegawaian;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan :

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas :

  1. Mengumpulkan dan mengolah data dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan program;
  2. Menyusun laporan kinerja badan;
  3. Menyusun rencana kebutuhan anggaran;
  4. Melaksanakan administrasi keuangan;
  5. Melaksanakan laporan pengelolaan keuangan;
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya.

Tugas & Fungsi : Bidang Pengembangan dan Pendataan

Mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Pelayanan Pajak Daerah dalam bidang pengembangan dan pendataan.

Bidang Pengembangan dan Pendataan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan kebijakan teknis pengembangan, pendataan, pengolahan data dan informasi;
  2. Pelaksanaan kegiatan pengembangan, pendataan, pengolahan data dan informasi;
  3. Pelaporan pelaksanaan kegiatan pengembangan, pendataan, pengolahan data dan informasi;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Pengembangan :

Sub Bidang Pengembangan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan pajak daerah;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan teknis pengembangan pajak daerah, meliputi :
    • Penyusunan perencanaan dan pelaksanaan strategi pengembangan pajak daerah;
    • Pelayanan mutasi subyek / obyek pajak.
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis
  4. Pengembangan pajak daerah;
  5. Melaksanakan tugas ketatausahaan bidang;
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Pendataan :

Sub Bidang Pendataan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pendataan;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan teknis pendataan;
    • Penyuluhan pajak;
    • Pendataan, pendaftaran dan penilaian subyek/ obyek pajak baru.
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis pendataan;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Pengolahan Data dan Informasi :

Sub Bidang Pengolahan Data dan Informasi mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pengolahan data dan informasi;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan teknis pengolahan data dan informasi, yang meliputi :
    • Perekaman dokumen pajak daerah;
    • Pengolahan dokumen pajak daerah;
    • Penyajian informasi pajak daerah;
    • Pelaksanaaan dan pemeliharaan aplikasi pelayanan pajak daerah.
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis pengolahan data dan informasi;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas & Fungsi : Bidang Penetapan

Mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Pelayanan Pajak Daerah dalam bidang penetapan.

Bidang Penetapan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan kebijakan teknis penetapan penyelesaian piutang dan pemeriksaan pajak;
  2. Pelaksanaan kegiatan bidang penetapan, penyelesaian piutang dan pemeriksaan;
  3. Pelaporan pelaksanaan kegiatan penetapan, penyelesaian piutang dan pemeriksaan;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Verifikasi Penetapan :

Sub Bidang Verifikasi Penetapan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis verifikasi penetapan;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan :
    • Verifikasi atas ketetapan perhitungaan pajak daerah;
    • Penetapan besaran pajak daerah;
    • Tindak lanjut permohonan keberatan, pengurangan dan penghapusan sanksi administrasi, pembetulan, dan pembatalan pajak daerah;
    • Pemeriksaan NPOP dengan tim pemeriksa;
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis verifikasi penetepan;
  4. Melaksanakan tugas ketatausahaan bidang;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Penyelesaian Piutang Pajak Daerah :

Sub Bidang Penyelesaian Piutang Pajak Daerah mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis penyelesaian piutang;
  2. Menyiapkan bahan :
    • Data piutang dan penyisihan piutang pajak daerah;
    • Pelaksanaan identifikasi piutang pajak daerah;
    • Penyelesaian piutang pajak daerah sesuai hasil identifikasi;
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis penyelesaian piutang;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Pemeriksaan Pajak Daerah :

Sub Bidang Pemeriksa Pajak Daerah mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pemeriksaan pajak;
  2. Menyiapkan bahan:
    • Kegiatan pemeriksaan dan tenaga pemeriksa pajak daerah;
    • Tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan.
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis pemeriksaan pajak;
  4. Menyiapkan bahan dan melakukan pemeriksaan NPOP dengan tim pemeriksa;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas & Fungsi : Bidang Pengendalian

Mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Pelayanan Pajak Daerah dalam bidang pengendalian.

Bidang Pengendalian mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan kebijakan teknis bidang penagihan, penindakan, evaluasi dan laporan;
  2. Pelaksanaan kegiatan bidang penagihan, penindakan, evaluasi dan laporan;
  3. Pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang penagihan, penindakan, evaluasi dan laporan;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Penagihan :

Sub Bidang Penagihan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis penagihan;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan teknis penagihan, meliputi:
    • Penagihan aktif;
    • Tindaklanjut hasil penagihan;
    • Penyimpanan dokumen penagihan.
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis penagihan;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Penindakan :

Sub Bidang Penindakan mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis penindakan;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan teknis penindakan, meliputi :
    • Data obyek penindakan;
    • Penindakan meliputi : surat pemberitahuan, surat penagihan seketika dan sekaligus, surat paksa, surat penyitaan;
    • Koordinasi dengan instansi terkait;
    • Tindaklanjut hasil penindakan.
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis penindakan;
  4. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.

Tugas Sub Bidang Evaluasi dan Pelaporan :

Sub Bidang Pemeriksaan Pajak Daerah mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis evaluasi dan pelaporan;
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan teknis evaluasi dan pelaporan, meliputi :
    • Evaluasi realisasi penerimaan pajak daerah;
    • Rekonsiliasi data penerimaan pajak daerah;
    • Tindaklanjut hasil evaluasi atas penerimaan pajak daerah;
    • Tindaklanjut permohonan legalisasi dan salinan SPPT PBB;
    • Melaksanakan validasi SSPD.
  3. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan teknis evaluasi dan pelaporan;
  4. Melaksanakan tugas ketatausahaan Bidang;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya.